Pendaftaran PTESOL Kampus Cibiru Bulan Juli 2024

berita
berita akademik
upi
ptesol
2 menit baca23 hari yang lalu

Bagikan ke:

Penyelenggaraan PTESOL di Kampus UPI di Cibiru akan dilaksanakan kembali pada tanggal 23 Juli 2024, untuk pendaftaran silakan mengisi di Google form dibawah ini

PTESOL (Proficiency Test of English to Speakers of Other Languages)

PTESOL adalah instrumen tes berbasis komputer yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris penutur non-asli dalam konteks akademik. Tiga keterampilan bahasa dan bidang pengetahuan yang diuji dalam tes ini adalah:

  1. Keterampilan mendengarkan: Bagian ini mengukur kemampuan peserta tes untuk memahami percakapan dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam setting akademik, seperti diskusi akademik, percakapan kelas, dan kehidupan kampus secara umum.

  2. Struktur dan tata bahasa: Bagian ini mengukur kemampuan peserta tes untuk memahami dan menentukan penggunaan tata bahasa dan struktur yang tepat dalam bahasa Inggris tertulis standar.

  3. Keterampilan membaca: Bagian ini mengukur kemampuan peserta tes untuk membaca dan memahami teks bahasa Inggris serta kosakata secara kontekstual dalam teks yang disediakan.

computer

Sertifikat PTESOL dapat digunakan (dan telah digunakan) untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Tes penempatan bagi peserta program pelatihan bahasa Inggris di UPI Language Center;

  • Untuk memantau kemajuan peserta yang mengikuti program pelatihan bahasa Inggris di UPI Language Center (tes kemajuan);

  • Tes keluar untuk mahasiswa di semua tingkat (sarjana, magister, dan doktoral) UPI.

  • Persyaratan tes seleksi bagi pelamar pegawai negeri sipil.

  • Persyaratan masuk untuk studi lanjut.

  • Serdos (Sertifikasi Dosen).

UPI Language Center menawarkan layanan pengujian PTESOL kepada seluruh anggota staf akademik UPI dan masyarakat umum. Pengujian PTESOL dapat dilakukan di laboratorium tes UPI Language Center (mode CBT) atau, atas permintaan, di lokasi sekolah atau institusi yang bekerja sama (mode kertas dan pensil).

Brosur PTESOL dapat diunduh di sini.